Fungsi

  1. penyelenggaraan perumusan, penetapan, pengaturan, koordinasi dan pelaksanaan kebijakan Pemerintah Daerah;
  2. penyelenggaraan koordinasi, fasilitasi, pembinaan, pemantauan dan evaluasi tugas Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Dinas, Inspektorat Daerah, Badan, Satuan Polisi Pamong Praja, Rumah Sakit Umum Daerah, Lembaga Lain, dan Staf Ahli di lingkungan Pemerintah Daerah;
  3. penyelenggaraan pembinaan teknis administratif kepada Inspektorat Daerah;
  4. penyelenggaraan tugas lain dari Bupati sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.


Tugas Pokok

Tugas pokok membantu Bupati dalam hal menyusun dan mengoordinasikan perumusan kebijakan daerah, mengoordinasikan pelaksanaan tugas perangkat daerah staf ahli Bupati dan lembaga lain di lingkungan Pemerintah Daerah, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah, pelayanan administratif dan pembinaan Aparatur Sipil Negara.


Rincian Tugas

  1. Menyelenggarakan perumusan perencanaan kinerja, program, kegiatan dan anggaran Sekretariat Daerah;
  2. Menyelenggarakan penyusunan perumumsan kebijakan penyelenggaraan urusan pemerintah daerah;
  3. Menyelenggarakan pengendalian, pemantauan dan pembinaan kinerja perangkat daerah dan rencana strategis perangkat daerah;
  4. Menyelenggarakan sinkronisasi dan  harmonisasi penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah;
  5. Menyelenggarakan pelayanan administratif Bupati dan Wakil Bupati;
  6. Menyelenggarakan pembinaan dan pengoordinasian perumusan kebijakan Pemerintah Daerah di bidang pemerintahan, perekonomian dan  pembangunan serta administrasi umum;
  7. Menyelenggarakan pemberdayaan sumber daya aparatur serta pengelolaan prasarana dan sarana Perangkat Daerah;
  8. Menyelenggarakan pembinaan penyelenggaraan pelayanan pemerintahan, perekonomian, pembangunan dan kesejahteraan masyarakat yang dilaksanakan Perangkat Daerah;
  9. Menyelenggarakan perumusan kebijakan, pembinaan  dan pengembangan hukum, organisasi dan tata laksana Perangkat Daerah;
  10. Menyelenggarakan pembinaan kesadaran hukum dan peningkatan kinerja Perangkat Daerah;
  11. Menyelenggarakan perumusan kebijakan dan pembinaan pelaksanaan hubungan dan/atau kerja sama pembangunan antar Daerah, antar Daerah dengan Pemerintah, antar Daerah dengan lembaga lainnya;
  12. Menyelenggarakan tugas selaku koordinator pengelolaan keuangan daerah;
  13. Menyelenggarakan monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan pemerintahan daerah;
  14. Menyelenggarakan pengoordinasian dan pembinaan hubungan kerja internal Sekretariat Daerah dan antar perangkat daerah, satuan kerja fungsional pelaksana di Daerah, BUMD serta lembaga lainnya di Daerah;
  15. Menyelenggarakan koordinasi dan fasilitasi dengan instansi vertikal/lembaga lain yang ada di daerah;
  16. Menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.


  196806081994121003
  Dr. H. MOHAMAD ZEN,
  Tasikmalaya/ 08-06-1968
  S-3 Administrasi Pendidikan
  01-04-2020/ 27-12-2019
  Sekretaris Daerah
  Pembina Utama Madya/IV/d